Trik Mengerjakan Soal SNMPTN Tipe 4 Pernyataan

Trik Mengerjakan Soal SNMPTN . Ok, teman - teman. saya lagi blogging ke sana kemari ntiba - tiba nemu hal yang menarik nih, so nsaya posting saja..hehehe semoga bermanfaat nih ya. Di SNMPTN atau ujian-ujian seleksi lainnya biasanya ada 3 tipe soal. Soal Pilihan Ganda biasa, soal sebab-akibat dan soal yang berbentuk 4 pernyataan.


Saya akan bahas soal yang berbentuk 4 pernyataan untuk kesempatan kali ini.



Contoh soal 4 pernyataan seperti ini:

Dalam suatu siklus hidup organisme, mitosis terlibat dalam proses..

(1) Pertumbuhan dan perkembangan

(2) Perbaikan jaringan yang rusak

(3) Gametogenesis

(4) Diferensiasi

.

Dan petunjuk yang diberikan adalah:

A. Jika pilihan 1, 2 dan 3 benar

B. Jika pilihan 1 dan 3 benar

C. Jika pilihan 2 dan 4 benar

D. Jika pilihan 4 benar

E. Jika semua pilihan benar

Sebenarnya ada trik untuk mengerjakan soal tipe 4 pernyataan ini.



















Bagaimana cara bacanya?

Kemungkinan 1, Saat Anda membaca pernyataan 1 lalu benar, Anda harus membaca pernyataan 2, lalu jika benar lagi maka Anda langsung baca pernyataan 4 jika pernyataan 4 benar lagi maka dapat disimpulkan jawabanya adalah E karena pasti pernyataan 3 juga benar.

Kemungkinan 2, Saat Anda membaca pernyataan 1 lalu benar, Anda harus membaca pernyataan 2, lalu jika benar lagi maka Anda langsung baca pernyataan 4 jika pernyataan 4 salah maka dapat disimpulkan jawabanya adalah A.

Kemungkinan 3, Saat Anda membaca pernyataan 1 lalu benar, Anda harus membaca pernyataan 2, jika salah Anda dapat langsung menyimpulkan jawabanya pasti B karena pernyataan 3 pasti benar

Kemungkinan 4, Saat Anda membaca pernyataan 1 lalu salah, Anda juga harus membaca pernyataan 2, jika benar maka kesimpulannya adalah C karena pernyataan 4 pasti benar.

Kemungkinan 5, Saat Anda membaca pernyataan 1 lalu salah, Anda harus membaca pernyataan 2, dan jika salah lagi maka pasti jawabannya pasti D karena pernyataan 4 pasti benar.

.

Ada beberapa hal yang menarik:
  • Pernyataan 3 sebenarnya tidak usah kita baca karena tanpa dicek kebenaranya pun kita bisa mengambil kesimpulan.
  • Hanya pernyataan 1 dan 2 saja yang sebenarnya penting kecuali jika Anda sedang sial pernyataan 1 dan 2 benar maka mau tidak mau pernyataan 4 harus di cek :p
  • Pernyataan 4 pun akhirnya hanya perlu dibaca jika pernyataan 1 dan 2 benar semua jika salah satu salah maka pernyataan 4 tidak usah di cek.
  • Hanya dengan membaca 2 pernyataan (1 dan 2) kita sudah dapat mengambil 60 % kesimpulan (B, C atau D). :)

.

Kenapa ini saya bagikan tips ini? Karena bisa Anda bayangkan berapa waktu yang bisa kita hemat dengan hanya membaca 2-3 pernyataan saja dari pada membaca dan mengecek kebenaran dari semua pernyataan.

Pada akhirnya Anda perlu latihan untuk bisa menggunakan tips ini, tapi saya kira tips ini cukup mudah untuk dipahami :)

Sumber : http://omalif.tumblr.com

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...