Memulai Pemrograman di Linux

Pertanyaan diatas adalah hal yang umum ditanyakan oleh orang - orang yang mengerti pemrograman di sistem operasi yang paling laku. Padahal di linux itu merupakan surganya programmer (bagaimana tidak sourcenya kodenya ada atau kalau orang Makassar sebut listing, mulai dari aplikasi sampai daemon, mulai program yang kecil sampe yang raksasa). Tapi programmer yang mana dulu?.
Coba deh tanya ke beberapa orang yang menyebut dirinya programmer bisanya apa?. Kemungkinan besar jawabannya Database. Jarang sekali yang kita temukan orang yang ngerti gimana bikin daemon, akses hardware. Tanya kenapa?? (iklan mi sede).

IDE dan RAD yang membodohi
Dari sekian banyak programmer berapa yang diantaranya yang mengetik kodenya langsung dengan teks editor bukan dengan IDE (Integrated Development Environments), dan melakukan kompilasi langsung dari kompilernya?. Bahkan saya beberapa kali bertanya pada mahasiswa - mahasiswa informatika di Makassar seperti ini:
"Pernah bikin program kan?", dijawab "Pernah".
"Berarti sudah biasa meng'compile' kan?", dijawab "wah, kalau itu materinya belum sampe ke situ?".
"Trus, gimana dong caranya itu program dicoba",dijawab "tinggal di"run" tekan ini dan itu".

Atas dasar tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa IDE itu melakukan pembodohan, belum lagi seorang teman kaget melihat saya melakukan kompilasi hanya dengan mengetikkan "make", berarti dasar - dasar pemrograman kita masih lemah.

Real programmer write down his own code
Entah dimana saya pernah baca kalimat tersebut yang jelas waktu itu lagi cari - cari dokumentasi buat programming di linux. Ok, kita lanjut. Sekarang adalah apa yang kita butuhkan untuk melakukan pemrograman.

Teks Editor, ya sebuah teks editor apasaja untuk mengetikkan kode program yang kita tulis bisa vi, pico yang jelas menghasilkan sebuah file teks ascii yaitu sebuah file jika dilihat dengan perintah less/cat yang terlihat adalah apa yang kita ketikkan bukan kode - kode aneh.
Compiler / Interpreter : Ada banyak macam bahasa pemrograman bisa liat di Freshmeat
Kopi / Minuman ringan + snack secukupnya :D

Write and Compile
Sebelum menulis kode tentukan dulu bahasa pemrograman apa yang akan digunakan, dan apakah linuxnya sudah terinstall bahasa pemrograman tersebut, di slackware ada terdapat gcc (gnu c compiler) dan disarankan menggunakan bahasa c/c++, walaupun bahasa pemrograman yang lain juga ada seperti perl,ruby, python dll bahkan bahasa pemrograman yang terkenal di makassar Pascal tapi mesti install dulu bisa menggunakan gpc atau free pascal, berhubung di slackware adanya c/c++ maka kita kasih contoh c.

Tulis kode :

#include

int main (int argc, char* argv[])
{
printf ("Hello World\n");
return 0;
}

Simpan dengan nama hello.c, Selanjutnya adalah kompilasi :
Ketikkan perintah berikut :
$ gcc -o hello hello.c
Arti perintah diatas adalah compile hello.c dengan output file bernama hello (-o hello).
jika tidak ada error kita akan memperoleh sebuah file bernama hello, tinggal ketikkan perintah :
./hello
Untuk menjalankannya. Jika keluar pesan yang paling terkenal itu maka kita sudah melakukan pemrograman di linux.

arman@oridecon:~/mine/c$ ./hello
Hello World
arman@oridecon:~/mine/c$

Sekarang tinggal belajarnya,
Selamat Belajar.

Arman
arman[at]makassar-slackers[dot]org

sumber : http://makassar-slackers.org/Saya%20mau%20belajar%20pemrograman%20di%20linux%20tapi%20dari%20mana%20mulainya

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...