Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Tekinik Informatika

Anda ingin masuk jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer?? pasti dibenak anda akan muncul tentng pertanyaan apa bedanya sih teknik informatika dengan sistem informatika?? tau mungkin kedua jurusan itu sama?? bagi orang yang awam pertanyaan itu pasti muncul. Tapi kenyataannya kedua jurusan itu berbeda. Mungkin beberapa dari kita beranggapan bahwa jurusan Sistem Informasi tidak berbeda jauh dengan jurusan lain seperti Teknik Informatika. Padahal memang sangat jauh berbeda. Mungkin dengan sedikit penjabaran, kita bisa tahu apa bedanya Jurusan Sistem Informasi dengan jurusan lain.




Di Indonesia sendiri hanya ada tiga jurusan saja yang mempelajari kurikulum tentang komputer, yaitu :

1. Computer Science untuk jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.

2. Computer Engineering untuk jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer bahkan dalam jurusan teknik elektro kita bisa mendapatkan prodi CE.

3. Information System untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatik

Terkadang banyak orang yang bingung membedakan jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi dan banyak juga orang –orang yang beranggapan bahwa kedua jurusan ini sama. Padahal jelas-jelas kedua jurusan ini sangat berbeda.

Penjabarannya sebagai berikut:

Information Systems (SI)
Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis akan dapat dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.

Computer Science (Tek.informatika/TC)
Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana mengembangkan computer vision, robotica, intelligence system, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang.

Jelas kedua jurusan ini sangat berbeda dimana SI mempelajari tentang management IT dan TC mempelajari tentang pengembangan komputer. Tapi yang jelas setiap jurusan memiliki batasan ruang keahlian.


sumber : aozhora

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...