TPA Dalam Ujian SNMPTN

pelaksanaan Ujian Snmptn tahun 2009 banyak peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya bingung dengan soal-soal Tes Potensi Akademik. Sebagian besar belum memiliki gambaran tentang hal tersebut.

Paket TPA terdiri atas 55 naskah soal. Paket soal itu mirip dengan psikotes yang lazim dipakai untuk seleksi pegawai atau calon mahasiswa di perguruan tinggi tertentu. Kesulitan juga dialami oleh para peserta tunanetra. Mereka terutama kesulitan membedakan soal terkait bentuk-bentuk geometri.


Tes potensi akademik (TPA) yang diperkenalkan di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2009 menuntut kemampuan alamiah peserta.

TPA bisa dilatih, tetapi sulit dihafalkan. Tes ini sangat baik untuk mengukur kemampuan akademik calon mahasiswa.

TPA ini mengukur kemampuan berkomunikasi dan bernalar calon mahasiswa. TPA tidak bisa diajarkan bimbingan belajar.

Adanya TPA adalah salah satu kemajuan di dalam pelaksanaan ujian SNMPTN 2009, selain adanya mekanisme pembobotan nilai yang berbeda.

Pembobotan nilai menuntut kemampuan holistik peserta SNMPTN. Panitia meyakini, model ujian yang baru ini mampu menghasilkan calon mahasiswa berkualitas.

Model baru ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang mengikutsertakan Tes Potensi Akademik (TPA) menuntut lulusan SMA sederajat mempersiapkan diri lebih komprehensif. Siswa merasa, persiapan untuk tes itu mayoritas tetap diperoleh dari bimbingan belajar (bimbel), bukan sekolah.

Berkaitan dengan ujian Snmptn 2012 Kepala Badan Standardisasi Nasional Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Teuku Ramli Zakaria membeberkan alasan mengapa nilai ujian nasional jenjang SMA dimasukkan menjadi salah satu nilai penentu untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Menurutnya, langkah itu diambil dengan tiga alasan dasar, yaitu praktis, ekonomis, dan untuk menghilangkan penyimpangan dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Ia mengatakan, seleksi masuk PTN akan menjadi lebih praktis dengan menggunakan nilai ujian nasional (UN) sebagai salah satu penentunya. Nantinya, kata dia, dalam seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN) hanya akan dilakukan tes potensi akademik (TPA) dan tidak akan ada lagi tes mata pelajaran.

sumber

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...